Materi Bimbingan dan konseling - Pelayanan BK
KOMPONEN PELAYANAN DASAR
NO
|
KOMPONEN
|
PELAKSANAAN BK
|
BIDANG
|
STRATEGI
|
1.
|
Masuk ke kelas mengisi LKS BK
|
Akademik
|
Bimbingan Kelas
|
|
2.
|
Perkenalan BK di SMA
|
Sos- Pribadi
|
Pelayanan Orientasi
|
|
3.
|
Memberikan Informasi tentang Ekstra Kulikuler
|
Sos- Pribadi
|
Pelayanan Orientasi
|
|
4.
|
P
|
Sekolah menjeaskan tata karma di sekolah
|
Sos- Pribadi
|
Pelayanan Orientasi
|
5.
|
E
|
Sekolah menjelaskan tentang pentingnya berkomunikasi dan
menyampaikan pendapat dengan baik
|
Sos- Pribadi
|
Pelayanan Orientasi
|
6.
|
L
|
Sekolah menjelaskan tentang hubungan sosial dan hubungan
dengan teman sebaya
|
Sos- Pribadi
|
Pelayanan Orientasi
|
7.
|
A
|
Sekolah menjelaskan tata tertib sekolah, fasilitas sekolah
dan kegunaannya pada siswa
|
Sos- Pribadi
|
Pelayanan Orientasi
|
8.
|
Y
|
Sekolah membantu menganalisis hasil pengumpulan data siswa
seperti intelegensi, tes bakat, dan tes hasil belajar
|
Akademik
|
Pelayanan Orientasi
|
9.
|
A
|
Informasi tentang Perguruan Tinggi dan Jurusannya
|
Akademik
|
Pelayanan Informasi
|
10.
|
N
|
Sekolah menjelaskan jenis-jenis informasi yang akan
diberikan kepada siswa
|
Akademik
|
Pelayanan Informasi
|
11.
|
A
|
Sekolah menjelaskan kepada siswa mengenai kecerdasan ,
bakat minatnya berdasarkan tes yang dilakukan
|
Sos- Pribadi
|
Pelayanan Informasi
|
12.
|
N
|
Sekolah menjelaskan tentang pentingnya mengatur waktu dan
jadwal belajar di sekolah dan di rumah
|
Akademik
|
Pelayanan Informasi
|
13.
|
Sekolah menjelaskan tentang pentingnya menciptakan suasana
belajar yang menyenangkan
|
Akademik
|
Pelayanan Informasi
|
|
14.
|
Sekolah menjelaskan tentang ketrampilan atau khursus yang
ada di masyarakat
|
Sos- Pribadi
|
Pelayanan Informasi
|
|
15.
|
D
|
Sekolah membantu siswa dengan memberikan informasiyang
dibutuhkan siswa
|
Sos- Pribadi
|
Pelayanan Informasi
|
16.
|
A
|
Pembagian angket masalah belajar
|
Akademik
|
Bimn bingan Kelompok
|
17.
|
S
|
Sekolah melatih siswa ketrampilan-ketrampilan belajar yang
baik
|
Akademik
|
Bimbingan Kelompok
|
18.
|
A
|
Pembagian angket identitas diri
|
Sos- Pribadi
|
Pelayan Pengumpulan Data
|
19.
|
R
|
Pembagian angket minat bakat
|
Sos- Pribadi
|
Pelayan Pengumpulan Data
|
20.
|
Mengadakan tes IQ
|
Sos- Pribadi
|
Pelayan Pengumpulan Data
|
|
21.
|
Sekolah meminta siswanya untuk pengisian angket
|
Sos- Pribadi
|
Pelayan Pengumpulan Data
|
|
22.
|
Sekolah meminta siswanya untuk pengisian biodata
|
Sos- Pribadi
|
Pelayan Pengumpulan Data
|
|
23.
|
Sekolah mengumpulkan data siswa baik melalui tes atau non
tes
|
Akademik
|
Pelayan Pengumpulan Data
|
B. KOMPONEN PELAYANAN RESPONSIF
NO.
|
KOMPONEN
|
PELAKSANAAN BK
|
BIDANG
|
STRATEGI
|
1.
|
P
E
|
Sekolah membantu siswa mengambil keputusan guna memecahkan
masalah pemilihan jurusan, bidang kerja, dan masalah hubungan orang lain
secara individu
|
Sos-Pribadi
|
Konseling individual dan kelompok
|
2.
|
L
|
Sekolah memberikan sepenuhnya pengambilan keputusan
ditangan siswa
|
Sos-Pribadi
|
Konseling
individual dan kelompok
|
3.
|
A
|
Sekolah membantu mengidentifikasi masalah yang paling
penting bagi kebanyakan siswa
|
Sos-Pribadi
|
Konseling
individual dan kelompok
|
4.
|
Y
A
|
Sekolah membantu siswa dengan memecahkan masalah
bersama-sama dalam kelompok
|
Sos-Pribadi
|
Konseling
individual dan kelompok
|
5.
|
N
A
|
Sekolah membantu jalannya konseling kelompok dan membantu
memberikan pemecahan/solusi masalah dalam diskusi konseling kelompok
|
Sos-Pribadi
|
Konseling
individual dan kelompok
|
6.
|
N
|
Sekolah melakukan alih tangan kasus
|
Sos-Pribadi
|
Referral
|
7.
|
Sekolah perlu kunjungan rumah
|
Sos-Pribadi
|
Kunjungan rumah
|
|
8.
|
Konseling bagi siswa yang bermasalah
|
Sos-Pribadi
|
Konsultasi
|
|
9.
|
R
E
|
Member informasi tentang kenakalan remaja
|
Sos-Pribadi
|
Kolaborasi pihak terkait
|
10.
|
S
P
|
Sekolah mengundang pihak yang berkepentingan untuk
terpecahkannya masalah siswa yang akan dipecahkan
|
Sos-Pribadi
|
Kolaborasi pihak terkait
|
11.
|
O
|
Member motivasi belajar menjelang UN
|
Sos-Pribadi
|
Kolaborasi dengan guru/wali kelas
|
12.
|
N
|
Memonotoring nilai dan daftar hadirsiswa menjelang UN
|
Sos-Pribadi
|
Kolaborasi dengan guru/wali kelas
|
13.
|
S
|
Sekolah perlu membuat catatan kasus
|
Sos-Pribadi
|
Kolaborasi dengan guru/wali kelas
|
14.
|
I
|
Sekolah perlu membuat catatan prestasi
|
Sos-Pribadi
|
Kolaborasi dengan guru/wali kelas
|
15.
|
F
|
Sekolah mengadakan konferensi kasus yang terkait dengan
permasalahan siswa
|
Sos-Pribadi
|
Konferensi kasus
|
C. PERENCANAAN INDIVIDUAL
NO.
|
KOMPONEN
|
PELAKSANAAN BK
|
BIDANG
|
STRATEGI
|
1.
|
P
E
R.
|
Bimbingan pemilihan jurusan
|
Sos-Pribadi
|
Pelayanan Penempatan
|
2.
|
Informasi tentang PTN melaui PMDK
|
Sos-Pribadi
|
Pelayanan Penempatan
|
|
3.
|
I
N
D
I
|
Sekolah membantu siswa dalam memilih jurusan yang ada
disekolah dan jurusan yang ada di Perguruan Tinggi
|
Sos-Pribadi
|
Pelayanan Penempatan
|
4.
|
V
I
D
U
|
Sekolah membantu siswa dalam menggali dan mengenali hobby
dan bakat-bakatnya serta menyalurkanya melalui kegiatan-kegiatan ekstra
kulikuler yang sesuai
|
Sos-Pribadi
|
Pelayanan Penempatan
|
5.
|
A
L
|
Sekolah menjelaskan tentang arah pilihan karier
|
Karier
|
Pelayanan Penempatan
|
D. DUKUNGAN SISTEM
NO.
|
KOMPONEN
|
PELAKSANAAN BK
|
BIDANG
|
STRATEGI
|
1.
|
D
U
K.
|
Sekolah memerlukan alat perlengkapan teknis berupa paket
bimbingan (pribadi, belajar, karier)
|
Akademik
|
Manajemen program
|
2.
|
Sekolah memiliki ruang konsultasi
|
Akademik
|
Manajemen program
|
|
3.
|
S
I
|
Sekolah memiliki ruang bimbingan dan diskusi
|
Akademik
|
Manajemen program
|
4.
|
S
T
|
Sekolah memiliki ruang dokumentasi
|
Akademik
|
Manajemen program
|
5.
|
E
M
|
Sekolah menyiapkan sarana dan materi yang akan disampaikan
kepada siswa
|
Akademik
|
Manajemen program
|
Comments